Belajar Statistika

Jumat, 05 Mei 2017

Game Level 4 Gaya Belajar Anak Day 3

Bismillah

Di hari ketiga, saya memutuskan menulis tentang kebiasaan Caca sejak under 1 tahun, yaitu minta dibacakan buku. Berkaca dari pengalaman masa kecil, orang tua termasuk orang yang school oriented. Buku bacaan selain buku pelajaran adalah trash. Huuhuu

Adek saya yang suka baca (nyewa) komik, selalu di cap anak nakal dan suka foya2. Begitu juga dengan buku lain. Buku2 selain buku pelajaran, meskipun itu ensiklopedia atau novel anak, dan lain sebagainya, kita harus sembunyi2 untuk membacanya.

Dan setelah dewasa, saya heart To heart sama adek saya dan kita sepakat bahwa selama ini banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang kita tahu bahkan sebelum diajarkan di sekolah. Dan kita tahu itu dari komik. Kebanyakan Doraemon dan Conan sih.. Misalnya tentang sistem tata Surya yang dijelaskan Doraemon pada Nobita, dari situ saya tahu tentang planet, matahari, bumi, orbit, dll. Juga tentang profesi pengacara, dokter, atlet, pemahat, pelukis yang saya tahu secara mendalam dari Conan. Dan banyak hal lain, terutama pengalaman yang tidak saya rasakan sendiri, tapi bisa saya ketahui dengan membaca komik, novel, atau buku2 ensiklopedia (jarang sih kalo ensiklopedia hehe)

Dari situlah saya sudah bilang ke suami (Alhamdulillah beliau setuju) kalau ingin punya home library untuk anak. Kita mulai beli buku itu sejak Caca baru lahir. Mulai boardbook, buku stimulasi bayi, dan lain2. Akhirnya merambah ke buku2 import, ensiklopedia, dan mulai Caca 2 tahun kemaren mulai berniat mengumpulkan buku2 yang agak mahal yang cirinya adalah ada arisannya hehehe

Sejak Caca bayi, saya sudah sering sekali membacakan dia buku. Nah sekarang, seperti ritual sebelum tidur, harus baca buku dulu dan bukunya Caca yang milih. Akhir2 ini dia suka sekali wwp sih, tiap hari ganti judul tapi yang paling suka yang kehidupan sehari-hari. Dan saya rasa cocok juga untuk umur dia. Karena ada penjelasan kenapa harus mandi, harus gosok gigi, kenapa harus ganti baju, harus bantu ibu, dan sebagainya. Wwp emang juara sih hehehe

Tapi menariknya adalah, setelah dapat materi gaya belajar, saya jadi notice kalo selama ini Caca selalu minta dibacain dan dia selang seling melihat saya dan buku. Seperti salah satu ciri anak auditory. Meski kadang Caca juga ambil buku dan lihat2 gambar sambil menggumamkan jalan ceritanya seperti yang tiap hari saya bacakan (visual style).

Dari kegiatan membaca buku, Caca cenderung ke auditory dan ada visualnya sedikit. Tidak kinestetik karena tiap dibacakan buku dia tidur atau duduk anteng.

Let's see hehe

#gayabelajaranak
#kuliahbunsayiip
#gamelevel4
#day3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar