Belajar Statistika

Selasa, 04 Februari 2020

Keluarga Literasi, Keluarga Baru

Bismillah.

Minggu ini kami dipersilahkan memilih keluarga baru, keluarga yang dirasa cocok dengan garis besar mindmap. Tentunya, yang paling dibutuhkan dan diinginkan. Dan setelah menimbang-nimbang, saya memilih keluarga literasi.

Apa harapan saya ketika saya bergabung dengan keluarga literasi?

Awalnya sesuai mind map, saya ingin lebih mendalami literasi anak. Yang saat itu bayangan saya adalah berbagai ragam buku anak. Setelah bergabung dengan keluarga, saya cukup terkejut karena anggota keluarga yang lain ternyata sudah sangat berpengalaman dan berpengetahuan dalam kegiatan literasi. Beberapa diantaranya bahkan sudah profesional.

Lalu, apa yang saya dapatkan sementara ini dari keluarga literasi?




Sembari sharing kebutuhan teman-teman dalam kegiatan literasi, beberapa anggota keluarga dengan kebaikan hatinya mau berbagi potluck. Dan semua luar biasaaaaa. Saya jadi minder dan ingin sembunyi. TAPI, itu tidak saya lakukan. Terus terang saya tidak terlalu aktif di grup karena memang minim sekali yang bisa saya share di grup. Semoga suatu saat ada kontribusi yang bisa saya berikan huuhuu amiiin.

Dan ini adalah beberapa kebutuhan kami di keluarga literasi :

1. Membuat Jurnal
2. Read aloud
3. Konsistensi menulis
4. Mengelola Buku di Perpustakaan
5. Menumbuhkan minat baca
6. Membuat artikel, opini
7. Jenis-jenis membaca
8. Cara meningkatkan kecepatan membaca
9. Menulia review buku
10. Sebulan menulis jadi Buku
11. Kaidah/cara menulis yg benar

12. Dongeng islami

Luar biasa kan? Kan? Kaaann?

Ohya saya bersyukur mempunyai kepala keluarga yang aktif dan mau mengaktifkan keluarga lainnya. Karena kami hanya ber-25. Cukup kecil dibanding keluarga lainnya. Tapi beliau disela-sela kesibukannya mau terus coba mengaktifkan grup dan memancing opini kami. Thanks a lot.

Anyway, kami belum memutuskan untuk live apa dan siapa yang akan mengambil peran. Tidak mungkin saya sih, tapi InsyaAllah saya optimis pada keluarga ini. Karena banyak orang hebat di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar